Author sekolah dimana? [ SMP Cendekia Muda]


              
                SMP Cendekia Muda disanalah saya bersekolah ( saat artikel ini dibuat), mungkin saja hanya sedikit yang tahu tentang sekolah ini, memang  sekolah ini tidak begitu terkenal sehingga terasa “aneh” bagi orang yang baru pertama kali mendengarnya, oleh karena itu saya akan  menceritakan sedikit tentang sekolah ini.

                SMP Cendekia Muda (masuk dalam Yayasan Laju Pendidikan ) merupakan Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Bandung, tepat nya di Jl. Puri Ayu Pratama III No. 17, sukamiskin, arcamanik, Kota Bnadung, Jawa Barat. Sekolah ini adalah sekolah islam, muridnya laki – laki maupun perempuan, tapi tetap kelasnya dipisah.

Sekolah ini bisa dibilang “kecil” bila dibanding sekolah lain, karena gedung sekolah yang tidak terlalu besar di bagi bagi dengan SD ( hanya kelas 4, 5, 6 ) ya... bisa dibilang “berdua”. Walaupun kecil sekolah ini benar – benar terasa nyaman, enak, “homy”, kata katasekolah adalah rumah ke 2 benar benar terasa saat saya bersekolah disini; gurunya Baik dan ramah, teman – temannya baik, seru dan lain lain

Sekolah ini mempunyai beberapa program unggulan diantaranya adalah Buku SABAR ( Sholeh Amanah Barokah ), mempelajari qur’an, fieldtrip, project day, PjBL ( Project Based Learning ), dan, masih banyak lagi.

Yang pertama buku sabar ( sholeh amanah barokah ) merupakan buku yang isinya itu mutabaah yaumiyah atau list amalan amalan yang dilakukan setiap hari atau bisa dibilang “checkbox” juga ada catatan perilaku siswa, mutabaah yaumiyah diisi setiap hari oleh siswa dan diperiksa oleh guru seminngu sekali, oh iya buku sabar juga akan dimasukan ke nilai.

Kedua belajar qur’an belajar qur’an ini dilaksanakan berkelompok setiap hari, setelah al matsurat pagi dan shalat dhuha.  Belajar quran ini dibagi menjadi 3 sesi pertama mempelajari  alquran lewat metode ummi. Ummi adalah sebuah metode untuk mempelajari hukum hukum al quran dari yang paling mudah samapai paling sulit. Kedua kami mengahafalkan ataumempelajari arti arti surat yang ada di al quran. Ketiga menghafalkan surat masing masing

Selanjutnya ada kegiatan fieldtrip, yang dimaksud dengan fieldtrip adalah melakukan Kegiatan di luar sekolah ke tempat tempatyang bisa didapat ilmunya. Fieldtrip dilakukan satu angkatan dan setiap fieldtrip pasti ada woeksheet yang harus dikerjakan. Fieldtrip dilakukan satu semester 2 kali, awal tahun pelajaran biasanya fieldtrip ini dilaksanakan dalam bentuk camping

Keempat ada project day, project day adalah suatu proyek yang dikerjakan bersama sama satu angkatan, proyeknya berupa displey (biasanya display lokasi fieldtrip atau berkaitan dengan fieldtrip (sesuai tema utama dan alur pembelajaran)). Saat display telah selesai di tempelkan mata pelajaran atau materi mata pelajaran, nah display tadilah yang menjadi stand tiap pelajaran. Nantinya para orang tua murid diundang ke sekolah untuk mengetes para putra putrinya. Project day ini dilaksanakan sebelum uas dan setelah fieldtrip.

Selanjutnya ada project based learning/pjbl. PjBL adalah kegiatan dimana para murid membuat project sendiri sesuai tema yang ditentukan, yang natinya akan dipresentasikan di depan orang tua dan guru sesua idengan alur peelajaran. PjBL dilaksanakan setelah fieldtrip ke 2 dan sebelum UAS, Pjbl juga meriupakan syarat untuk mengikuti UAS.


Sekian dari saya untuk postingan  ini maaf bila ada kesalahan.
Wassalammualaikum Wr. Wb.

Oh iya cendekia muda juga punya web sama instagram :
Instagram : @cendekiamuda








Komentar