internet dan kehidupan


Internet merupakan jaringan nirkabel yang menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain. Dulunya internet hanyalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Tujuan awal internet ini untuk keperluan militer, menghubungkan komputer komputer di daerah yang vital. Tapi sekarang ini jaringan internet sudah dipakai dimana mana bahkan sampai sampai satuan masyarakat terkecil pun yaitu keluarga sudah memakai internet dalam kehidupan sehari hari. Orang orang sudah memakai internet ini setiap harinya, dan karena itu pasti ada dampak dari internet ini.
Internet sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari hari di berbagai bidang. Salah satu dari manfaatinternet ini adalah bisa mendapatkan informasi secara real time  yang selain berguna untuk masyarakat mendapatkan informasi, ini juga bisa dipakai untuk bekerja, sampai saat ini pemerintahanpun memakai internet agar bisa bisa mendapatkan informasi secara realtime, selain untuk mendapatkan informasi tentang pemerintahan dan data data lainnya secara real time, juga internet bisa untuk menyalurkan aspirasi atau pengaduan ddari masyarakat, untuk membaangun daerahnya. Transparansi antarmasyarakat dan pemerintahan juga bisa semakin baik.
Selain banyak manfaaat yang didapat juga pati ada sisi buruk dari internet tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya adalah turunnya atau tidak majunya kualitas sdm karena beberapa konten yang tidak pantas di internet, yang salah satunya adalah pornografi. Juga internet ini bisa membuat masalah baru di pemerintahan yaitu adanya peretasan sistem di pemerintahan atau di lembaga lembaga lain.
Internet ini memiliki sisi positif juga jadi sebaiknya di seluruh dunia ini tidak menghapus atau memblokir internet dengan semena mena, seharusnya pemimpin yang baik memanfaatkan internetnya untuk kehidupan bermasayarkat dan mengarahkan masyarakat untuk menggunakan internet dengan baik, contohnya untuk berbisnis, mencari ilmu, dll. Konten negatif di internet ini juga sebaiknya segera di blokir agar tidak ada yang mengaksesnya.
Internet juga bisamenjadi sarana bagi pemimpin yang baik untuk mengedukasi, dan memerintahkan masyarakatnya untuk berbuat baik dan beribadah, hal ini terdapat di dalam al qur’an yaitu disurat al anbiya ayat 73, yang artinya :
Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada, mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah,
Jadi, internet ini banyak sisi positif tapi pasti memang ada negatifnya, dan seharusnya, masyarakat dan pemimpin pemimpin bisa menjadikan internet ini sebagai suatu sarana perubahan untuk membuat daerahnya lebih baik dan menjadikan demokrasi menjadi lebih terasa karena masukny aspirasi masyarakat dalam kehidupan pemerintahan.

Komentar